05 Februari 2009

SH Strategy 101 (For Fools): Visi, Misi dan Objective ??


VISI, MISI DAN OBJECTIVE

Dalam tahapan formulasi strategi, penting bagi kita untuk memahami kaitan antara Visi, Misi dan Objective perusahaan sehingga rangkaian strategi dan langkah2 action pelaksanaannya mampu membawa perusahaan menuju arah tujuan yang diharapkan. sebelum berangkat menuju arah sana, perlu dipahami dulu kaidah arti dan definisi dari beberapa istilah tersebut.

VISI : memang masih banyak yg rancu untuk mengartikan perbedaan antara Visi dan Misi. Pada dasarnya yang dimaksud dengan Visi Perusahaan bisa diartikan sebagai Impian / Cita-Cita Besar perusahaan; bagaimanakah perusahaan memandang dirinya sendiri dalam beberapa periode ke depan? Bagaimanakah perusahaan ingin dilihat oleh lingkungan industrinya?
Kadangkala Visi ini memang menjadi Unatainable / Sulit diraih, karena sekalinya dia dapat diraih maka dia sudah tidak layak disebut sebagai visi lagi. Karena bersifat Impian, maka Visi sering digambarkan sebagai sesuatu yg luas cakupannya dan jauh jangkauannya.
Visi Perusahaan akan membantu untuk memfokuskan arah tujuan perusahaan dari waktu ke waktu.

MISI : Biasanya Misi merupakan suatu bentuk Pernyataan mengenai tujuan perusahaan/ tujuan aktivitas bisnis perusahaan. Misi merupakan uraian singkat mengenai apa yg ingin dicapai oleh perusahaan melalui aktivitas bisnis yg dilakukannya.

OBJECTIVE: Merupakan sasaran strategi yg ingin dicapai perusahaan dalam kurun waktu tertentu (biasanya dalam periode 1 tahun). Objective / Sasaran merupakan penjabaran yg lebih rinci dari Misi perusahaan dalam periode tertentu.

Selain dari Visi, Misi dan Objective kadang perusahaan juga menonjolkan VALUE perusahaan. Apa yg dimaksud dengan Value perusahaan tersebut?

VALUE: merupakan nilai-nilai/ norma-norma yg merupakan landasan berorganisasi dalam suatu perusahaan. Value perusahaan biasanya merupakan nilai-nilai yg dipertahankan dalam organisasi sebagai suatu prinsip yg dipegang teguh oleh segenap karyawan dalam perusahaan. Jika Misi digambarkan sebagai apa yg ingin dicapai perusahaan, maka Value merupakan penjelasan mengenai Bagaimana cara perusahaan untuk mencapai misinya.

Masih Bingung?
Coba kita lihat contoh berikut :

Perusahaan X sebagai perusahaan produsen susu untuk anak-anak

Visi : Menyehatkan kehidupan anak bangsa
Misi : Menyediakan kebutuhan susu sehat bagi anak Indonesia, terjangkau dan ekonomis
Objective: Menjadi perusahaan susu terbesar dengan omzet X milyar di tahun 2010
Value: Jujur dan Transparan dalam setiap proses produksi, menjaga kualitas terbaik dan penggunaan bahan baku resmi yg halal.


-sudah lebih jelas kan??
anyone care to share or comment? please..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar