alone berkata...
Sangat menarik kalau kita mempelajari analisis SWOT secara mendasar, .... bla..bla..bla..
mungkin dengan adanya Blog ini mungkin temen2 yang belum paham mengenai pentingnya analisis SWOT dalam pekerjaan sehari dapat menerapkannya. permasalahanya apakah Blog ini selalu diakses oleh teman2 cabang yang lain. wallohualam bishowaf...,kembali ke topik analisis SWOT, ada hal yang perlu saya tanyakan..bla..bla..bla..
yaitu apakah dasar dari penggunaan Analisis SWOT ini, dari segi produk, dari segi potensi wilayah atau malah kedua-duanya., .. dari penjelasan Mr Sandy mengenai Analisis SWOT diatas menunjukkan gambaran secara umum, padahal banyak tantangan2 yang ada di cabang yang perlu ketepatan dalam penerapan analisis tersebut.
SH Answer:
pertanyaan yg bagus Mr.Alone
pertama - harapan saya sih semoga blog ini bisa terus diakses juga oleh temen2 laennya, bukan cuma yg seneng liat internet. maksud saya, daripada maen internet utk cari gambar2 (walau gue jg seneng kalo dibagi gambar2 tsb hehehe) - kan bisa buat hal2 laen yang bisa nambah ilmu kita.. ya toh? makanya semoga temen2 yg laen ya ga bosen liat2 blog ini.
BTW,
Analysis SWOT sebenernya TIDAK HANYA TERBATAS PADA SUATU HAL SAJA..
analisis SWOT bersifat flexibel dan luas. makanya penggunaannya bisa dikaitkan dengan kebutuhan.
anda bisa membuat analisis SWOT untuk produk, untuk menganalisis potensi daerah anda, bahkan anda bisa membuat analisis SWOT untuk memilih teman hidup/pasangan anda! (Mungkin ada yg tertarik membuat Analisis SWOT utk yg satu ini.... silahkan)
yg membedakannya adalah, bagaimana anda (selaku pemilik strategi dan yg menganalisis) MAMPU MEMILAH FAKTOR2 STRATEGISNYA..
Contoh:
Jika saya seorang Area Manager mungkin Analysis SWOT saya adalah sebagai berikut (general):
Strength
- Anggota tim yg kreatif
- Dukungan manajemen utk memberi kebabasan dalam aktivitas BTL 100%
Weakness
- Kedisiplinan anggota tim masih rendah --> lihat bahwa anggota tim yg sama bisa dijadikan strength namun bisa dilihat sebagai weakness ?
- Materi promosi yg masih belum memadai
Opportunity
- Belum ada perusahaan (dgn produk yg sama dgn yg kita tawarkan) yg menggarap wilayah saya di area X secara baik
Threat
- perusahaan kompetitor telah punya armada spreading
NAH... SEKARANG SUDAH ANDA BUAT SWOTNYA TERUS DIAPAIN?? mungkin pertanyaan yg mendasar adalah seperti itu.
seyogyanya SWOT Analysis adalah salah satu Tools bagi penerapan yg strategi yg sesuai dgn kondisi anda.
Intinya : BAGAIMANA ANDA BISA MERAIH KESEMPATAN/PELUANG (OPPORTUNITY), MENGHIDARI ANCAMAN (THREAT) DENGAN MEMAKSIMALKAN KEKUATAN ANDA (STRENGTH) SEMENTARA ANDA HARUS MEMINIMALKAN/MEMPERBAIKI KELEMAHAN ANDA (WEAKNESS)...kira2 pemahamannya seperti itu.
jadi kalau sudah punya SWOT seperti diatas, maka strategi saya selaku AM misalnya adalah:
Strategi (Jk pendek/3bln) :
- Membuka peluang daerah X (tdpt 100 outlet pareto potensial. misal 1 outlet ditarget 1juta dalam 3 bln maka potensinya adalah > 300juta)
--> kenapa? karena saya melihat peluang adanya potensi daerah X yg belum digarap ddan saya percaya manajemen mendukung aktivitas ini
Target :
- penjualan 100juta per bulan / target dlm 3bln > 300jt
Action Plan (3bln):
- membuat tim spreading (SPM) yg kendalinya berada langsung di bawah kendali field force (1 FF @ 2 SPM)untuk khusus menggarap area X selama 3 bln
-->why? karena saya percaya anggota tim saya dgn kreativitas dan semangatnya mampu membuat rencana ini berjalan dgn baik, sekaligus mkn bisa dibuat aktivitas BTL yg mendukungnya
- membuat usulan sarana promo lokal (yg dibuat di daerah) sesuai dgn kebutuhan aktivitas spreading dan BTL seperti bonus gimmick dan sticker / poster
--> ingat anggota saya kan cukup kreatif
- membuat format pelaporan absensi harian dan laporan mingguan utk aktivitas yg dilakukan (termasuk laporan kemajuan tim spreading)
--> melatih kedisiplinan
-- nah kira2 gitu deh. mungkin memang tdk lengkap. karena pada dasarnnya SWOT analysis adalah merupakan analisis yg disesuaikan dgn kebutuhan dari perencanaan strateginya. makanya kepekaan dari sang pemilik strategi menentukan, tapi intinya dengan SWOT analysis, maka kita akan bisa lebih TAJAM dalam melihat fakta yg ada dan bisa membuat strategi yg lebih terarah, membumi dan applicable.
ada lagi yg bisa nambahin dan sharing?? Please.. ga ada salah dan benar, yang ada hannya kemauan untuk maju
20 Februari 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar