07 Februari 2009

SH Strategy 101 (for Fools) : Analisis Lingkungan (Porter 5 Forces)



Dalam melakukan analisis Internal, salah satunya kita harus melihat pendekatan analisis terhadap kondisi bisnis/ industri kita pada saat ini dan saat mendatang.

Menurut salah satu pakar management yakni Michael Porter (jangan salah dengan Harry Potter), analisis Industri dapat dianalisis berdasar pendekatan yg disebutnya sebgai FIVE FORCES MODEL (5 kekuatan industri).

Model pendekatan Porter ini digunakan utk menilai berbagai kekuatan kompetitif yg menentukan apakah industri/bisnis tersebut menarik apa tidak.

Porter membagi kekuatan2 dalam industri kedalam 5 kekuatan utama

a. INTERNAL / EXISTING FORCE (rivalry among existing industry)
Bagaimanakah Kompetisi dalam Industri Pada Saat Ini ?
Bagaimana tingkat persaingannya bagaimana pada saat ini?

b. THREAT OF NEW ENTRANTS
Bagaimanakah Ancaman Pendatang baru (produk baru, perusahaan baru) ?
Apa ada pemain baru yg punya keunggulan kompetitif scr signifikan ?

c. THREAT OF SUBSTITUTE
Bagaimanakah ancaman dari Produk subtitusi ?
Apakah banyak produk yg dapat menggantikan peranan produk kita di pasar?

d. BUYING FORCE
Bagaimana tuntutan Konsumen kita?
Apakah konsumen kita sudah berubah? memiliki demand yg berbeda dari dulu?

e. SUPPPLIER FORCE
Bagaimana tuntutan dari supplier kita?
apakah kinerja supplier kita sangat menentukan kesuksesan kita??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar